Bimas Katolik Jawa Timur

Memiliki Kualifikasi Pendidikan Dan Kompetensi Adalah Syarat Bagi Guru Untuk Dapat Membantu Anak Didik Menjadi Manusia Seutuhnya.

Minggu, 16 September 2018 By: Memet Johan

Ibu Soffy Balgies, M.PsiSurabaya, BimKatJatim - Untuk menjadi seorang guru yang dapat membantu anak didik menjadi manusia seutuhnya (beriman, berilmu, beramal) serta mendapatkan kebahagiaan dunia dan akhirat, mereka wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasioal. Hal ini dipaparkan oleh Ibu Soffy Balgies, M.Psi, Psikolog, seorang Dosen Psikologi di UIN Sunan Ampel Surabaya yang menjadi salah satu Nara Sumber pada Kegiatan Pembinaan Peningkatan Kompetensi Guru Agama Katolik Tingkat SD se Jawa Timur Tahun 2018 yang dilaksanakan oleh Bimas Katolik Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur di The WIN Hotel Surabaya tanggal 12-14 September 2018.

Ibu Soffy, selain dosen juga sebagai Kepala Laboratorium FPK UIN Sunan Ampel Surabaya memberikan materi seputar Prinsip Belajar ditinjau dari sudut pandang Psikologi Pendidikan. Diawali dengan memberikan penjelasan sekitar Konsep Dasar Belajar, bahwa belajar membutuhkan proses, proses belajar merupakan upaya yang dilakukan oleh seorang guru atau pendidik untuk membelajarkan siswa yang belajar. Peran guru memfasilitasi agar terjadi proses intelektual dan mental siswa sehingga kemajuan belajar dapat dicapai dalam proses pembelajaran. Hasil belajar sebagai suatu yang ditentukan oleh usaha seseorang dalam melaksanakan kegiatan belajar, hal ini ditandai adanya perubahan tingkah laku secara keseluruhan baik yang meliputi segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik.

Peserta kegiatan ini meski sebagian besar sudah berusia lanjut, tapi dengan antusias mengikuti paparan materi yang disampaikan oleh naras umber, hal ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan dari mereka maupun memberikan resume atas apa yang telah disampaikan oleh pemateri.
 
Lebih lanjut Ibu Soffy yang juga Anggota APSI Asosiasi Psikologi Pendidikan Indonesia dan Ikatan Psikologi Klinis dengan sejumlah aktifitasnya yang cukup tinggi memaparkan tentang prinsip belajar dari beberapa ahli, antara lain prinsip belajar B.F Skinner, Edward Lee Torndike dan Jean Piaget. Pendekatan prinsip belajar disampaikan kepada peseta kegiatan cukup jelas dengan beberapa contoh dan aplikasinya dalam proses belajar mengajar.

Mengakiri sesi materinya, Ibu Soffy Balgies yang bertugas sebagai Konselor PUSPAGA Pemkot Surabaya dan juga Trainer SEFT, CTC, Statement Analysis membekali peserta dengan penjelasan soal kecerdasan yang dimiliki oleh anak didik, yaitu Intellegency Quotient (IQ), Emotional Quotient (EQ), Adversity Quotient (AQ) dan Spiritual Quotient (SQ). Hal ini penting dipahami oleh Guru agar mereka lebih memiliki pehaman yang komprehensif (menyeluruh)  tentang anak didik ditinjau dari segi psikologis.  (MJ/BimkatJatim)


Copyright (C) Bimas Katolik Jatim 2018