Bimas Katolik Jawa Timur

Mengisi BKSN 2018 FGAK Malang Raya Menyelenggarakan Berbagai Perlombaan Untuk Siswa

Minggu, 23 September 2018 By: Rudi M

BKSN Malang RayaDalam rangka mengisi Bulan Kitab Suci Nasional, BKSN tahun 2018, Forum Guru Agama Katolik Malang Raya yang meliputi Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu menyelenggarakan berbagai perlombaan untuk siswa-siswi se-Malang Raya. Agenda tahunan ini dilaksanakan secara bergantian dari satu tempat ke tempat lain di wilayah Malang Raya. Pada tahun 2018 ini, SMP Katolik Frateran Celaket 21 Kota Malang telah menjadi tuan rumah untuk pelaksanaan acara besar ini.

      Panitia yang diketuai oleh Bp. Markus Basuki selaku Guru Agama Katolik sekaligus Kepala SMA Katolik Frateran Kota Malang telah bekerja keras untuk mempersiapkan acara ini sejak bulan Agustus 2018.

      Mata lomba yang diselenggarakan yakni Lomba Baca Kitab Suci untuk siswa-siswi Sekolah Dasar, Lomba Mendaraskan Mazmur untuk siswa-siswi Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama, Lomba Kuis Kitab Suci untuk siswa-siswi SMP, dan untuk kategori siswa SMA/SMK diselenggarakan lomba menyampaikan renungan dan bercerita tentang isi Kitab Suci dalam bentuk Video. Di sela-sela menyaksikan penampilan berbagai lomba, para siswa juga diberi kesempatan mengikuti kuis kitab suci online menggunakan smartphone, dengan hadiah doorprize yang menarik.

      Perlombaan yang diikuti oleh ratusan siswa-siswi Katolik ini sangat didukung oleh Penyelenggara Katolik KabupatenBKSN Malang Raya Malang, Drs. IJ. Wartohadi, M.Th. Disampaikan dalam sambutannya bahwa perlombaan yang telah dilaksanakan secara rutin hendaknya tetap dapat dilaksanakan secara baik dan kontinyu. Bahkan untuk tahun-tahun mendatang bisa dilaksanakan secara bergilir dari sekolah ke sekolah sebagai sarana pengenalan untuk sekolah yang menjadi tuan rumah. Sebab dalam waktu-waktu sebelumnya, lebih banyak diselenggarakan di aula Kantor Kementerian Agama Kabupaten Malang.

     Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang yang diwakili oleh Kasi Dikdas, Ibu Diah Christiana, juga memberikan apresiasi yang tinggi dan dukungan. Sebab kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk perwujudan Pendidikan Karakter di bidang religius. Semoga di waktu berikutnya, Dinas Pendidikan bisa memberikan dukungan yang lebih lagi, demikian disampaikan oleh Bu Diah dalam sambutan di upacara pembukaan pada Sabtu, 22 September 2018.

      Acara tersebut dapat terlaksana dengan baik tak lepas dari dukungan berbagai pihak terutama Komisi Pendidikan dan MPK Keuskupan Malang, SMA Santo Albertus Malang, Dinas Pendidikan, Komisi Kerasulan Kitab Suci Keuskupan Malang, para donatur lain, semua pihak yang terlibat, terutama rekan-rekan panitia yang telah bekerja keras bahkan sampai larut malam untuk persiapan-persiapannya. Demikian disampaikan oleh Ketua Panitia dalam pidato laporannnya. Bahkan untuk pelaksanaan tahun ini, keterlibatan para guru selain guru agama, terutama guru-guru yang menjadi tuan rumah, sangat memberi kontribusi yang sangat besar terhadap keberhasilan acara tersebut. (RM/bimaskatolikjatim.com)

     


Copyright (C) Bimas Katolik Jatim 2018